Tips Cara Mudah Membuat Ruangan Lebih Terang

Tips Cara Mudah Membuat Ruangan Lebih Terang

Rumah yang terlalu gelap akan memberi kesan sempit, bahkan suram. Terkadang meski sudah diberi pencahayaan cukup baik dari lampu maupun jendela, ruangan masih terasa gelap di beberapa sudut. Yuk coba beberapa trik sederhana berikut untuk membuat ruangan di rumah terasa lebih terang.

1. Pilih warna dan jenis cat yang tepat

Warna terang adalah pilihan tepat untuk membuat ruangan tampak lebih terang.Tidak hanya warna putih, Sahabat dapat memilih warna-warna lainnya seperti peach, krem, abu-abu, dan warna pastel untuk dinding rumah.

Selain pemilihan warna, pilih juga jenis cat yang lebih mampu menyebarkan cahaya seperti Sanlex Prodigio. Sanlex Prodigio dilengkapi Light Scattering Technology, lapisan film cat Lebih menyebarkan cahaya menjadikan permukaan cat tampak lebih rata dan lebih cerah. Selain itu Sanlex Prodigio juga lebih hemat dan efisien karena cukup 2x lapis sudah menutup sempurna.

2. Hindari penggunaan furniture berukuran besar

Furniture yang berukuran terlalu besar akan membuat ruangan terasa sempit dan menghalangi cahaya yang masuk. Sebaiknya pilih furniture dengan ukuran tidak terlalu besar dan berdesain sederhana. Pilih furniture dengan warna netral agar lebih memantulkan cahaya.

3. Tambahkan cermin

Selain memperindah dan memberi ilusi ruangan lebih luas, cermin juga dapat membuat ruangan terasa lebih terang. Letakkan satu cermin besar atau beberapa unsur dekorasi kecil berbahan cermin menghadap pintu atau jendela agar dapat memantulkan cahaya yang masuk. Di kamar tidur, pertimbangkan untuk menambahkan cermin besar di atas tempat tidur yang akan memantulkan cahaya dari lampu.

4. Beri unsur dekorasi kaca dan logam

Penempatan dekorasi berunsur kaca dan logam seperti bingkai foto, vas kaca, atau meja konsol untuk menambah kecerahan. Pernak pernik dekorasi kaca dan logam juga dapat membuat ruangan lebih terasa elegan.

5. Rajin bersihkan area jendela

Jendela yang kotor akan mengurangi intensitas cahaya yang masuk ke dalam ruangan. Pastikan sahabat membersihkan jendela secara rutin baik dari dalam maupun luar ruangan. Perhatian juga semak atau pohon di balik jendela, jika sudah mulai menghalangi cahaya masuk, pangkas segera.

6. Tambahkan tanaman

Tanaman dapat menghidupkan dan menceriakan suasana ruangan. Jika memilih tanaman hidup dalam pot, pastikan tanaman tersebut dapat tumbuh baik di ruangan minim cahaya, atau letakkan di dekat jendela sesekali. Sahabat juga bisa meletakkan dekorasi bunga atau pot berwarna cerah untuk menambah ceria ruangan.