Jenis Genteng yang Cocok Untuk Baja Ringan, Apa Saja?

Jenis Genteng yang Cocok Untuk Baja Ringan, Apa Saja?

Rekomendasi Jenis Genteng Baja Ringan dan Kelebihannya

Berikut ini beberapa rekomendasi jenis genteng baja ringan beserta dengan kelebihan, yaitu:

1. Genteng Jenis Metal

Genteng jenis metal memiliki bobot yang cukup ringan sehingga tidak akan membebani struktur pada atap. Selain itu, genteng baja ringan berjenis metal ini memiliki ketahanan yang baik terhadap karat, sangat direkomendasikan untuk jangka waktu yang panjang.

Genteng berjenis metal dibuat menggunakan sebuah teknologi canggih yang membuatnya tidak mudah untuk terbakar, memberikan juga sirkulasi udara yang baik, serta membuat ruangan menjadi lebih sejuk.

2. Genteng Jenis Tanah Liat

Genteng jenis tanah liat sangat banyak dipakai pada hunian di Indonesia. Jadi genteng jenis tanah liat ini pas untuk dipergunakan terhadap struktur atap baja ringan. Meskipun begitu, dalam beberapa kondisi genteng tanah liat ini tidak cocok disandingkan dengan baja ringan.

Untuk memasangnya dibutuhkan ketelitian dan pengetahuan untuk menempatkan yang pas dengan hasil yang baik. Kamu dapat menggunakan jasa profesional untuk hal tersebut.

Jika kamu menggunakan genteng tanah liat, kamu tidak perlu terburu-buru untuk menggantinya, karena genteng dapat dipakai kembali dan tak perlu mengganti dengan yang baru.

3. Genteng Jenis Polycarbonate

Rekomendasi selanjutnya ada genteng berjenis polycarbonate. Genteng jenis ini memiliki karakter tidak panas karena memiliki kandungan pelindung UV yang membuat ruangan menjadi jauh lebih sejuk.

Selain itu, genteng polycarbonate memiliki tingkat ketahanan yang baik terhadap air, serta perubahan cuaca apapun tidak akan menjadi masalah untuk genteng jenis satu ini. Memiliki bobot yang ringan dan memudahkan dalam proses pemasangan, bahkan kamu juga dapat memasangnya sendiri jika memungkinkan.

4. Genteng Jenis Spandek

Rekomendasi selanjutnya adalah genteng baja ringan yang berjenis spandek. Genteng jenis ini memiliki daya menyerap panas yang tinggi, sehingga hawa panas tidak mudah untuk masuk kedalam rumah.

Spandek dibuat dengan material yang kuat, membuatnya tidak mudah pecah seperti genteng tanah liat. Untuk harganya spandek memiliki harga yang cukup terjangkau sehingga kamu tidak mengeluarkan banyak dan membebani dompet.

5. Genteng Jenis Aspal

Genteng jenis aspal mempunyai karakter yang tidak tahan panas dikarenakan bahan materialnya yang terbuat dari bubuk kertas, resin, dan tentunya kandungan aspel.

Keunggulan lainnya, jenis ini dapat meredam kebisingan, ini sangat baik jika kamu tinggal di dekat jalan raya. Memiliki tampilan yang artistik dengan warna doff yang cocok digunakan pada rumah minimalis masa kini.

6. Genteng Jenis Asbes

Genteng jenis baja ringan selanjutnya adalah asbes. Kamu tentunya sudah tahu bahwa asbes dibuat dari campuran semen dan fiber dengan memiliki ciri khas bergelombang serta memiliki ketebalan yang berbeda-beda.

Banyak orang yang memilih jenis atap ini karena alternatif dengan harga yang terjangkau.

7. Genteng Jenis Keramik

Rekomendasi terakhir adalah genteng baja ringan berjenis keramik. Genteng keramik dibuat dari campuran kaolin serta tanah liat dan pasir kuarsa yang membuatnya tangguh terhadap benturan yang disebabkan oleh benda keras. Itulah mengapa, genteng keramik seringkali dipakai pada wilayah yang terdapat banyak pohon.

Seperti halnya keramik, jenis ini memiliki kilap bahkan jika dilihat dari jauh. Meskipun memiliki bobot yang agak berat, genteng keramik tetap menjadi pilihan jenis genteng atap baja ringan yang baik terutama jika kamu menginginkan ketangguhan.

8. Genteng Jenis Fiber

Genteng jenis fiber terbuat dari bahan campuran serat fiberglass serta bahan lainnya, yang membuat genteng ini memiliki bobot yang ringan dan mudah untuk dipasang. Genteng jenis ini juga memiliki ketahanan terhadap cuaca ekstrim seperti hujan dan panas matahari.

Akan tetapi, jenis genteng ini mudah rusak dibandingkan dengan jenis genteng lainnya, jika tidak dirawat dengan baik. Kamu harus merawat secara ekstra agar jenis genteng inu dapat bertahan lama.

Namun, genteng fiber memiliki tampilan yang cukup estetik sehingga bagus digunakan untuk bangunan dengan jenis rumah tinggal, gedung perkantoran, bahkan villa.

Rekomendasi Cat Genteng Rumah

Selain materialnya, pemilihan warna cat genteng juga tentunya penting. Dengan Sanlex Roof Paint, Sahabat bisa mendapatkan ribuan warna genteng sesuai keinginan melalui Sanlex Color Gallery Tinting System. Sanlex Roof Paint adalah cat genteng water base yang tahan terhadap sinar UV, anti jamur, warnanya tahan lama, dan mudah diaplikasikan serta cepat kering.