5 Cara Mengatasi Dak Rumah Bocor dan Penyababnya

cara-menghilangkan-cat-di-baju
5 Cara Mengatasi Dak Rumah Bocor dan Penyababnya

Ada beberapa cara mengatasi dak rumah bocor yang wajib diketahui oleh pemilik rumah. Permasalahan ini tentu dapat dialami oleh siapa saja serta dapat terjadi kapan saja, apalagi ketika musim hujan tiba.

Masalah kebocoran memang termasuk masalah rumah yang paling sulit untuk diatasi. Terkadang kita harus menunggu hujan datang kembali untuk memastikan bahwa kebocoran sudah teratasi.

Sahabat Edupaint, penting untuk mengetahui penyebab kebocoran agar Anda dapat menanganinya dengan baik dan mencegah kerusakan ini terjadi lagi di kemudian hari.

Simak ulasan mengenai 5 cara mengatasi dak rumah bocor dan penyebabnya secara lengkap.

Penyebab dak rumah bocor

Kenapa dak rumah bisa bocor? Ada banyak penyebab dak rumah bocor. Bisa terjadi karena keretakan atau kurang padat ketika saat di cor di beberapa bagian tertentu.

Berikut ini penyebab dak rumah bocor:

1. Kerusakan pada bahan dak

Salah satu penyebab utama dak rumah bocor adalah kerusakan pada bahan dak, seperti genteng yang pecah atau retak, seng yang bergelombang atau berkarat, atau atap kain aspal yang sobek.

Jika bahan dak mengalami kerusakan maka air hujan bisa dengan mudah masuk ke dalam rumah melalui celah-celah yang terbuka.

2. Kontaminasi pada dak

Bahan-bahan seperti daun, ranting, atau sampah lainnya yang menumpuk pada dak bisa menyebabkan air tergenang di atas dak dan menyebabkan bocor. Jika kondisi ini dibiarkan, maka air bisa merusak dak dan membuatnya bocor.

3. Penggunaan konstruksi yang tidak tepat

Penempatan dan pemasangan bahan dak yang tidak tepat juga dapat menyebabkan dak bocor. Misalnya, genteng atau seng yang dipasang terlalu longgar atau rapat bisa membuat air hujan masuk melalui celah-celah di antara genteng atau seng tersebut.

4. Usia dak yang sudah tua

Dak rumah yang sudah tua bisa menjadi rapuh dan mudah rusak sehingga bisa membuat air hujan masuk ke dalam rumah. Selain itu, bahan dak yang sudah lama juga bisa mengalami korosi, sehingga mudah berkarat dan berlubang.

5. Kerusakan pada komponen tambahan

Selain komponen dak utama, ada komponen tambahan seperti talang air dan cerobong asap yang juga harus dipertimbangkan.

Talang air yang rusak atau tersumbat bisa membuat air hujan tidak mengalir ke tempat yang seharusnya, sehingga bisa menggenangi dak rumah. Sementara cerobong asap yang bocor atau rusak bisa membuat air masuk melalui sana.

6. Faktor eksternal

Cuaca buruk seperti angin kencang dan badai, gempa bumi, atau serangan binatang seperti tikus dan burung bisa menyebabkan kerusakan pada dak rumah.

Hal ini dapat membuat genteng atau seng bergeser atau bahkan hancur, sehingga air hujan dapat dengan mudah masuk ke dalam rumah.

7. Kesalahan perawatan

Kurangnya perawatan pada dak rumah seperti tidak membersihkannya secara berkala atau tidak memperbaiki kerusakan yang ada bisa menyebabkan dak rumah bocor.

Dalam jangka panjang, kerusakan kecil yang tidak ditangani dapat berkembang menjadi kerusakan besar dan bahkan mengakibatkan dak bocor.

Cara Mengatasi Dak Rumah Bocor

Lantas, bagaimana cara mengatasi dak rumah bocor? Ada banyak cara yang dapat digunakan untuk mengatasi dak rumah bocor, mulai dari perbaikan yang bertahan lama hingga penanganan darurat.

Berikut ini cara mengatasi dak rumah bocor:

1. Identifikasi dan perbaikan sumber kebocoran

Periksa dengan seksama di mana kebocoran terjadi. Jika tidak dapat menemukan sumber kebocoran, Sahabat dapat memanggil seorang profesional untuk membantu menemukannya.

2. Ganti genteng yang rusak

Jika kebocoran disebabkan oleh genteng yang rusak, ganti genteng tersebut. Pastikan untuk memilih genteng berkualitas tinggi dan dipasang secara benar.

3. Perbaiki atap seng yang berkarat atau berlubang

Jika atap seng Anda bocor, perbaiki area yang berkarat atau berlubang dengan menggunakan cat anti-karat atau lem khusus atap seng.

4. Pasang pelapis atap

Pasang pelapis atap yang tahan air di atas atap. Ini akan membantu mencegah air hujan masuk ke dalam rumah.

5. Periksa saluran air hujan

Pastikan saluran air hujan tidak tersumbat oleh daun atau kotoran. Jika saluran air hujan tersumbat, air akan meluap ke atap dan dapat menyebabkan kebocoran. Bersihkan saluran air hujan secara teratur.

6. Gunakan waterproofing

Penggunaan waterproofing atau cat pelapis antibocor pada dak rumah wajib untuk dilakukan. Pilihlah produk yang berbahan ringan dan memberikan perlindungan jangka panjang.

Penggunaan cat antibocor ini tidak hanya membantu untuk melindungi bagian dak saja, tapi juga sebagai pelindung bagian dalam rumah.

Sanproof Waterproofing Solusi Bocor di Rumah

Penggunaan cat pelapis antibocor atau waterproofing tentunya wajib dilakukan jika kamu ingin terhindar dari kebocoran.

Sanproof Waterproofing adalah cat pelapis antibocor berbahan dasar air yang bersifat elastis, berdaya lekat kuat, dan juga sangat praktis digunakan.

Cat ini berguna untuk membantu menahan rembesan air, menutup retak di permukaan plesteran, mencegah lumut dan jamur tumbuh, hingga mencegah flek pada bagian dalam dinding.

Produk ini mampu memberikan perlindungan jangka panjang terhadap cuaca dan kebocoran. Cat ini sangat cocok untuk iklim tropis karena tahan terhadap panas dan sinar UV.

Jika ingin tembok rumah bebas bocor atau rembes, aplikasikan Sanproof Waterproofing di bagian eksterior rumah kamu.

Cat ini bersifat dekoratif sehingga tersedia dalam berbagai pilihan warna yang sesuai dengan kebutuhan. Jadi jangan khawatir dak rumah akan jadi monoton ya dengan mengaplikasikan waterproofing yang satu ini.