Tips Mengecat Ulang Pagar Rumah dengan Cat Kayu dan Besi Brillo

Tips Mengecat Ulang Pagar Rumah dengan Cat Kayu dan Besi Brillo

Membuat pagar rumah yang telah lama tampak seperti baru bukan hal yang sulit. Karena Anda bisa ciptakan hal tersebut dengan mengecat ulang pagar. Lalu, bagaimana ya langkah mengecat ulang pagar?

Inspirasi Warna Pagar ::: Cat Kayu dan Besi BRILLO METALIK Warna COOPER

Lihat di bawah ini yuk!!!

Sebelum Anda melapisi pagar dengan cat baru, ada baiknya kikis terlebih dahulu lapisan cat lama. Gunakan alat bantu seperti kape untuk mempermudah mengikisnya. Pekerjaan ini membutuhkan waktu yang cukup lama sehingga dibutuhkan kesabaran. Proses ini dilakukan agar ketika mengecat ulang pagar tidak menimbulkan gelombang pada permukaannya. Sisa karat bisa kembali beroksidasi dan menghasilkan karat yang baru. Apabila dibiarkan, karat tersebut akan merusak permukaan cat yang lain.

Pengikisan lapisan cat dengan menggunakan kape biasanya masih meninggalkan sisa cat yang membandel atau debu pada pagar besi. Agar lebih bersih, kikis kembali pagar dengan menggunakan ampelas. Pilihlah ampelas dengan tingkat kekasaran yang medium. Lakukan proses ini hingga Anda yakin pagar rumah sudah benar-benar mulus dan bebas dari gumpalan cat atau debu.

Selanjutnya, bila pengikisan telah selesai, Anda bisa mulai melapisi pagar rumah menggunakan cat dasar khusus besi. Pilihlah cat dasar yang mampu menahan proses oksidasi atau perkaratan pada logam. Jangan mencampur thinner terlalu banyak ke dalam cat dasar agar daya tutup cat semakin maksimal. Jika lapisan cat dasar sudah kering, Anda dapat menyapukan cat akhir pada pagar. Lakukan hal ini dengan hati-hati mulai dari bagian atas ke bawah.

Bila perlu, Anda bisa ulangi lagi mengaplikasikan cat akhir setelah lapisan cat pertama kering untuk hasil yang lebih maksimal.