Penting: Persiapan Ruangan Sebelum Pengecatan Ulang 

Penting: Persiapan Ruangan Sebelum Pengecatan Ulang 

Mengecat dinding dalam ruangan bisa dibilang gampang gampang susah. Tahukah Sahabat Edupaint, bahwa salah satu kunci kelancaran pengecatan adalah persiapan. Jika kurang persiapan pada permukaan, cat semahal apapun akan kurang maksimal hasilnya. Selain itu, ruangan yang kurang dipersiapkan untuk pengecatan ulang bisa jadi malah membuat semakin repot karena berantakan.

Dilansir dari Better Homes & Garden, Tiga langkah utama dalam pengecatan ulang ruangan adalah memulai dengan yang bersih, menyiapkan banyak ruang gerak, dan memastikan permukaan tembok rata dan sempurna.

Kosongkan Area Pengecatan

Sebelum memulai pengecatan dalam ruangan, kosongkan sebanyak mungkin furnitur. Dorong furnitur ke area tengah ruangan; tutupi furnitur dengan kain atau plastik untuk melindunginya dari cipratan cat. Jika ingin mengecat di area sekitar sakelar dan lampu, tetesan dan tumpahan kecil mungkin tidak dapat dihindari, karena itu sebaiknya matikan daya ke stopkontak atau perlengkapan listrik apa pun.

Kosongkan dinding dari semua benda yang menempel seperti frame foto, lukisan, gantungan baju, dan gorden. Sahabat juga bisa sekalian membersihkan benda-benda tersebut nantinya sambil menunggu cat mengering. Longgarkan potongan trim perlengkapan yang dipasang di langit-langit dan geser ke bawah perlengkapan dari langit-langit. Bungkus dengan plastik. Jangan biarkan perlengkapan menggantung dari kabelnya — kabel tidak dirancang untuk menahan beban dan dapat mengalami kegagalan fungsi nantinya.

Jika Sahabat mengecat pintu, lepaskan kenop dan kunci. Beri label pada perangkat keras lain yang disertakan dengan barang lain yang dikeluarkan dari ruangan agar tidak hilang selama persiapan pengecatan. Pisahkan perangkat keras untuk setiap jendela, pintu, dan gorden ke dalam tasnya sendiri. Jika Sahabat mengecat beberapa ruangan, beri label pada tas berdasarkan ruangan. Untuk bagian-bagian yang tidak dapat dilepas, tutupi dengan masking tape & plastik.

Persiapan Permukaan Sebelum Pengecatan

Lapisan cat lama yang sudah rusak dan kotoran yang menempel di permukaan dinding membuat cat baru akan sulit menempel dan tidak tahan lama. Mulai tahap pengecatan dengan kikis cat yang mengelupas menggunakan kape, kemudian amplas agar rata dengan permukaan sekitarnya.

Gunakan sikat gigi atau sikat kawat kecil untuk menghilangkan kotoran dari lubang paku, retakan, dan retakan yang lebih besar. Tambal retakan dan lubang yang lebih kecil dengan Sanlex Wall Filler Super. Setelah kering, amplas area yang ditambal agar permukaanya kambali rata. Bersihkan semua area yang diampelas dengan kain bersih.

Bersihkan Seluruh Ruangan

Debu dan kotoran lain bisa saja menempel di permukaan cat yang masih basah. Bersihkan ruangan secara menyeluruh sehingga tidak ada bola debu, bulu binatang, atau sarang laba-laba yang tersangkut di cat yang baru diaplikasikan. Persiapkan ruangan, seperti dapur dan kamar mandi, untuk pengecatan dengan mencuci langit-langit dan dinding untuk menghilangkan minyak, sisa minyak, dan jamur. Bilas semua permukaan yang dibersihkan dengan air. Biarkan kering sebelum dicat.

Buat Workstation

Batasi kekacauan pengecatan di satu area sebanyak mungkin untuk memastikan cat basah tidak berceceran ke area yang tidak diinginkan. Tentukan satu sudut di dalam ruangan yang akan dicat untuk menyiapkan meja yang kokoh untuk menampung cat, baki rol, rol, dan kuas. Siapkan juga lap kain kering dan lembab sehingga Sahabat dapat dengan cepat menyeka tumpahan cat. Anda dapat membuat meja kerja cepat dengan meletakkan sepotong kayu lapis atau pintu kayu rata di atas dua kuda-kuda. Siapkan tangga lipat untuk menjangkau area yang lebih tinggi. Jaga area proyek sebersih mungkin. Tempatkan tempat sampah besar di dalam ruangan untuk membuang puing-puing saat Anda bekerja. Ruang kerja yang berantakan menghalangi dan dapat menimbulkan bahaya keselamatan.

Tempelkan Masking Tape dan Alasi lantai

Siapkan masking tape dengan berbagai ukuran untuk menutupi bagian-bagian yang tidak ingin dicat. Tempatkan selotip lebar di atas stopkontak, sakelar, dan stopkontak listrik tanpa penutup. Jika Sahabat mengecat langit-langit dengan warna yang berbeda dari dinding atau tidak mengecat ulang bagian tersebut , aplikasikan masking tape di sekitar tepi langit-langit. Tutupi tepian kusen pintu dan jendela, serta rak dinding. Tutupi area lantai dengan plastik agar terhindar dari cipratan

Nah, setelah semua proses tersebut dilakukan, saatnya bagian yang paling penting yaitu pengecatan. Dengan persiapan ruangan yang matang, proses pengecatan akan lebih mudah, cepat, dan rapi. Jangan lupa aplikasikan terlebih dahulu Sanlex Alkali Resisting Primer sebagai cat dasar agar cat baru lebih merekat, warna lebih maksimal, dan lebih tahan lama. Selamat mencoba, Sahabat Edupaint!



Artikel Terkait