Tips Memilih dan Menggunakan Cat Pelapis Anti Bocor

Tips Memilih dan Menggunakan Cat Pelapis Anti Bocor

Source Image: https://macontracting.com

Ketika musim hujan tiba-tiba datang, atap bocor atau rembes dapat menjadi masalah serius. Selain karena membuat tidak nyaman, kondisi ini juga dapat memicu kerusakan lainnya di rumah pada bagian yang terkena bocor atau rembesan tersebut.

Salah satu solusi untuk mengatasi bocor dan rembes adalah dengan menggunakan Sanproof cat pelapis anti bocor. Cat anti bocor ini memiliki kegunaan untuk menahan rembesan air, menutup retak pada permukaan plesteran, serta mencegah flek, lumut, dan jamur pada dinding atau ruang bagian dalam.

Sebelum menggunakan cat pelapis anti bocor, berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan:

1.Persiapkan alat dan bahan

Sebelum mengaplikasikan cat anti bocor, tentunya hal pertama yang harus dilakukan adalah mempersiapkan alat dan juga bahan yang akan digunakan. Alat yang diperlukan kurang lebih adalah kuas atau roller cat dan alat untuk membersihkan permukaan yang akan dicat seperti amplas, sabun, spon, kain kering.

Bahan utama yang dibutuhkan tentunya adalah cat pelapis anti bocor. Anda juga mungkin akan membutuhkan bahan untuk membuat lapisan primer seperti semen dan bonding agent. Jika permukaan yang dicat memiliki retakan, siapkan pasir halus sebagai bahan campuran untuk menambal.

2.Membersihkan permukaan yang akan dicat

Setelah alat dan bahan sudah siap, sekarang saatnya mulai langkah pertama yaitu membersihkan permukaan yang akan dicat. Anda harus memastikan bahwa permukaan tersebut bersih dari kotoran, debu, lumut, maupun sisa cat lama. Jika permukaan tidak bersih, maka cat anti bocor tidak dapat menempel dengan sempurna ke permukaan dan akan rentan terjadi kebocoran lagi.

3. Menutup retakan pada permukaan yang akan dicat

Biarkan permukaan mengering setelah dibersihkan. Sekarang saatnya memeriksa retakan atau sambungan pada permukaan. Jika retakan cukup lebar, Anda bisa menambalnya dengan campuran Sanproof dan pasir halus dengan perbandingan 1:1.

Jika retakannya hanya berupa retak rambut atau retakan halus, maka cukup dilapisi menggunakan Sanproof dan tidak membutuhkan campuran pasir halus. Anda juga sebaiknya melapisi permukaan dengan lapisan primer dari campuran semen dan bonding agent untuk hasil yang lebih maksimal.

4. Aplikasikan cat

Langkah selanjutnya adalah mengaplikasikan cat. Apabila merasa cat anti bocor Sanproof terlalu kental, Anda dapat mengencerkannya dengan air, tapi jangan melebihi 20% jumlahnya. Mulailah dengan lapisan cat pertama, lalu biarkan hingga kering. Gunakan kasa polyester di atas lapisan pertama yang masih basah di atas sambungan yang bergerak.

Setelah dirasa kering ketika disentuh, aplikasikan lapisan kedua menyilang di atas lapisan pertama. Pastikan Anda mengaplikasikan cat ini pada hari yang cerah dan tidak terdapat tanda-tanda akan hujan. Cat Sanproof akan kering sempurna dalam waktu 24 jam.

Inspirasi Desain Taman Belakang untuk Bersantai (www.pinterest.com)

Ada banyak cara memanfaatkan lahan di belakang rumah. Menyulap area belakang rumah menjadi taman hijau sekaligus taman bermain tentunya akan menjadi hal yang menyenangkan bagi seluruh anggota keluarga.

Inspirasi Desain Taman Belakang untuk Bersantai (www.pinterest.com)

Sahabat bisa menginstal mainan sederhana seperti ayunan atau perosotan kecil di belakang rumah untuk bermain anak-anak. Dengan keberadaan taman bermain kecil di rumah ini, anak-anak tidak perlu selalu pergi jauh untuk bermain dan mereka juga dapat bermain di bawah pengawasan orang tua.

2. Hammock untuk Bersantai


Inspirasi Desain Taman Belakang untuk Bersantai (www.pinterest.com)

Inspirasi desain taman belakang selanjutnya adalah taman dengan hammock! Ya, hammock dapat menjadi media yang sempurna untuk bersantai. Anda dapat membaca buku atau bahkan tidur siang di atas hammock nyaman yang ada di taman belakang rumah.


Inspirasi Desain Taman Belakang untuk Bersantai (www.pinterest.com)

Agar tidak makan tempat, tempatkan hammock di bagian ujung taman. Jika terdapat pohon besar di taman, Anda dapat memanfaatkannya untuk memasang hammock. Cara lainnya adalah dengan membangung tiang khusus untuk menginstal ayunan santai ini. Jika diperlukan, kedua tiap bisa dihubungkan dengan atap yang bisa menaungi hammock.

3. Desain Warna High-Contrast


Inspirasi Desain Taman Belakang untuk Bersantai (www.pinterest.com)

Jika lahan belakang rumah cukup luas, coba pertimbangkan untuk membangun ruang tamu di taman belakang. Ruang tamu terhubung dengan rumah utama dengan jalan yang terbuat dari paving block atau pijakan kayu. Jalan penyambung ini berguna agar rumput taman tidak sering terinjak-injak dan dapat terjaga keindahannya.

Inspirasi Desain Taman Belakang untuk Bersantai (www.pinterest.com)

Anda tentunya juga membutuhkan set kursi dan meja yang nantinya akan menjadi tempat bersantai. Jenis kursi dan meja dapat disesuaikan dengan selera, asalkan pilih bahan yang cukup tahan di luar ruangan. Agar terhindar dari hujan, Anda harus memasang kanopi di atas ruangan ini.

Pertimbangkan untuk menggunakan atap kaca agar ruang tidak gelap dan suasana outdoor tetap kental di tempat tersebut.

4. Dapur Taman Belakang


Inspirasi Desain Taman Belakang untuk Bersantai (www.pinterest.com)

Dapur di bagian belakang rumah dan langsung menyambung ke taman belakang akan sangat cocok bagi Anda yang banyak menghabiskan waktu di dapur. Desain taman belakang satu ini tentunya juga akan sangat memudahkan ketika Anda ingin mengadakan acara seperti pesta barbeque bersama keluarga dan teman-teman.

5. Meja Batu Taman Belakang

Inspirasi Desain Taman Belakang untuk Bersantai (www.pinterest.com)

Jika menginginkan taman dengan furniture yang terlihat alami, Anda bisa mempertimbangkan untuk membuat meja batu atau menempatkan kursi dari kayu asli di halaman belakang. Bagian lantai taman yang dicor juga menambahkan kesan taman yang lebih bersih.

Anda bisa menempatkan berbagai tanaman di bagian pinggir hingga mengelilingi seluruh taman. Tanaman terdiri dari berbagai tanaman hias yang ada di pot dan pohon rindang di beberapa titik yang akan menaungi meja batu tersebut.

6.Taman dengan Kolam Renang

Inspirasi Desain Taman Belakang untuk Bersantai (www.pinterest.com)

Tempat yang paling tepat untuk menempatkan kolam renang tentunya adalah bagian belakang rumah. Jika lahan cukup, Anda bisa membagi lahan di belakang rumah ini menjadi kolam renang yang dilengkapi dengan taman. Ukuran kolam renang tentunya dapat menyesuaikan dengan luas lahan yang ada.

Trend Dekorasi Rumah 2020 Paling Unik (www.pinterest.com)

Hindari keberadaan pohon besar dan terlalu tinggi dekat kolam karena daun yang gugur dapat mengotori kolam. Taman dapat diisi dengan rumput gajah mini dan berbagai tanaman hias di sekitar kolam renang.

7. Taman dengan Kolam Ikan

Inspirasi Desain Taman Belakang untuk Bersantai (www.pinterest.com)

Jangan biarkan lahan yang kecil membuat Anda terhalang untuk menciptakan suasana sejuk di taman belakang rumah. Kolam renang mungkin membutuhkan area yang lebih luas, sedangkan kolam ikan dapat hadir dengan berbagai ukuran.

Inspirasi Desain Taman Belakang untuk Bersantai (www.pinterest.com)

Tentunya ada banyak sekali desain kolam ikan taman belakang yang dapat Anda coba mulai dari kolam ikan di bawah lantai hingga kolam ikan yang dilengkapi batu alam dan air terjun buatan.

Agar tampilan taman lebih maksimal, pastikan menggunakan pelapis berkualitas seperti cat kayu & besi SANLEX sintetik, ARCA pelapis batu alam, dan khusus untuk kolam Koi gunakan pelapis khusus Flexycoat Waterponding http://edupaint.com/produk/6446-flexycoat-waterponding-pelapis-anti-bocor-untuk-kolam