5 Inspirasi Desain Rak Buku Dinding Unik

5 Inspirasi Desain Rak Buku Dinding Unik

“Buku adalah jendela dunia”. Begitulah kira-kira bunyi istilah yang sering kita dengar. Membaca memang menjadi aktivitas yang bisa membuka wawasan kita menjadi semakin luas. Sebagai seorang pecinta buku, tentunya kita memerlukan rak buku untuk menyimpan koleksi buku-buku tersebut.

Nah, agar susunan buku terlihat rapi dan makin meningkatkan minat baca, beberapa inspirasi desain rak buku dinding unik berikut mungkin bisa dicoba.

Inspirasi Desain Rak Buku Dinding Unik, Seperti Apa?

Ada banyak cara untuk memodifikasi rak buku dinding di rumah agar terlihat rapi, unik, sehingga sedap dipandang mata (hitung-hitung untuk memperindah dekorasi rumah juga). Seperti apa desain rak buku dinding unik tersebut?

Baca Juga: Manfaatkan Ruang Sudut Sebagai Perpustakaan

  • Rak Buku + Pintu Rahasia

    Rak buku dinding unik

    Rak buku dinding dengan pintu rahasia

    Pernah nonton film Home Alone 4? Jika ya, ingatkah Anda dengan adegan ketika Kevin McCalister hendak bersembunyi dari penjahat yang ingin merampok rumah calon ibu tirinya? Jika diperhatikan, di rumah tersebut terdapat rak buku dinding yang bisa diputar. Ketika diputar, maka ada ruangan lain dibalik rak buku tersebut.

    Desain rak buku dinding yang merangkap sebagai ‘pintu rahasia’ memang lumrah diterapkan di rumah-rumah masyarakat Amerika Serikat. Desain seperti ini, selain memberikan kesan unik, juga bisa menjadi solusi demi efisiensi ruangan di dalam rumah, terlebih jika rumah tidak memiliki banyak space, sementara kita memerlukan rak buku untuk menyimpan koleksi bacaan yang banyak.

  • Rak Buku Dinding di Bawah Tangga

    Rak buku dinding unik

    Rak buku dinding di bawah tangga

    Desain rak buku unik yang satu ini juga tentunya sudah tidak asing lagi, bukan? Menempatkan rak buku di dinding bawah tangga juga merupakan alternatif bagi Sahabat yang rumahnya memiliki keterbatasan space. Daripada space di bawah dinding terbengkalai, mengapa tidak dimanfatkan saja?

    Agar semakin unik, Sahabat bisa membuat rak buku dengan mengikuti bentuk tangga yang berupa segitiga siku-siku.

  • Rak Buku 'Melayang'

    Rak buku dinding unik

    Rak buku dinding unik yang 'melayang'

    Rak buku ‘melayang’, apa maksudnya? Ya, desain rak buku dinding unik yang satu ini bisa dijadikan pilihan jika Sahabat menginginkan desain rak buku dinding yang terlalu biasa.

    Membuat rak buku dinding ‘melayang’ tidaklah sulit. Sahabat hanya memerlukan semacam penyangga yang terbuat dari bahan besi maupun logam tipis. Meskipun tipis, pastikan penyangga besi atau logam tersebut sanggup menahan beban maksimal 5 kilogram, atau kira-kira 4 buku tebal.

    Tekuk sisi paling samping dari penyangga (salah satu sisi saja), kemudian tempelkan pada dinding dengan menggunakan baut yang kuat. Rak buku pun siap untuk digunakan.

  • Rak Buku Dinding ‘Peta Amerika Serikat’

    Rak buku dinding yang unik

    Rak buku dinding yang unik berbentuk peta Amerika Serikat

    Seperti yang sudah disinggung di awal, bahwa ‘buku adalah jendela dunia’, maka bagaimana jika kita menjadikan istilah tersebut sebagai inspirasi desain rak buku dinding di rumah?

    Rak buku dinding berbentuk peta negeri Paman Sam alias Amerika Serikat sebagaimana terlihat pada gambar di atas adalah salah satu contohnya. Sahabat pun bisa membuat rak buku dinding unik yang satu ini dalam bentuk peta lainnya, misalnya peta benua Asia, Eropa, atau Australia.

  • Rak Buku Dinding Berbentuk Pohon

    Rak buku dinding unik

    Rak buku dinding yang unik berbentuk pohon

    Pernah mendengar atau melihat book tree shelves? Sesuai dengan namanya, book tree shelves adalah desain rak buku dinding berbentuk seperti pohon.

    Desain rak buku yang pertama kali diperkenalkan oleh desainer bernama Kostas Syrtariotis ini membuat kita bak sedang membaca buku di tengah taman yang ditumbuhi oleh pohon-pohon rindang. Material kayu yang digunakan pun semakin menambah kesan riil dari sebuah pohon. ‘Dahan-dahan’ pada rak buku dinding ini menjadi tempat koleksi buku Sahabat. Unik, bukan?

Bagaimana, Sahabat Edupaint tertarik dengan desain rak buku dinding di atas? Selamat mencoba!

Cat Tembok Sanlex 6000

Tentang Warna

Artikel Lain

Color wheel atau roda warna adalah diagram warna yang menyediakan ilustrasi berguna tentang warna apa saja yang cocok dan warna apa yang tidak cocok untuk...

Videos

Video Lain
Watch the video

Inspirasi Interior

Artikel Lain

Membangun rumah bukanlah perkara yang mudah, karena harus diperhatikan mulai dari material rumah, bentuk rumah, dan dekorasi yang akan digunakan....

Tentang Cat

Artikel Lain