Tips Menata Ruang Kerja yang Nyaman di Rumah

Tips Menata Ruang Kerja yang Nyaman di Rumah

Bekerja dari rumah menjadi pilihan yang tepat bagi sebagian orang. Meskipun tidak bekerja di kantor, tapi bukan berarti seseorang tidak membutuhkan ruang khusus untuk bekerja. Menata ruang kerja di rumah sangat berguna demi menciptakan suasana kerja yang tetap kondusif.

Sebelum menata ruang kerja Sahabat Edupaint, berikut adalah beberapa tips menciptakan ruang kerja nyaman yang bisa Anda terapkan!

Menata ruang kerja di rumah

Menata ruang kerja di rumah (Source: Freepik.com)

Baca Juga: Ruang Kerja Pribadi yang Nyaman di Rumah

  • Menciptakan konsep dan perencanaan yang matang

    Langkah pertama yang perlu dilakukan untuk membangung ruang kerja di rumah tentunya adalah menentukan konsep dari ruangan itu sendiri. Anda dapat memulai dari menentukan desain ruangan, menentukan keperluan yang harus dipersiapkan, menyusun jadwal, dan menuliskan rencana anggaran.

    Membuat perencanaan yang matang sangat penting karena akan membuat waktu pengerjaan dan biaya yang dikeluarkan menjadi lebih efisien. Sekecil apapun luas ruangan yang digunakan, perencanaan tetap harus disusun dengan matang.

    Menata ruang kerja di rumah

    Menata Ruang Kerja di Rumah (Source: Freepik.com)

  • Terpisah dengan ruangan lain

    Tips membuat ruang kerja yang kedua adalah terpisah dari ruangan yang lain seperti ruang tidur, ruang tamu, ruang keluarga, atau ruang tempat bermain anak. Tujuannya adalah agar tercipta ruang kerja yang kondusif, sehingga konsentrasi Anda dapat tetap terjaga ketika bekerja.

    Menata ruang kerja di rumah

    Terpisah dengan Ruangan Lain (Source: Freepik.com)

    Tidak masalah dengan ukuran ruangan yang kecil, Anda bisa memilih spot dekat dengan jendela untuk mengesankan ruangan yang lebih luas. Dekorasi yang minimalis dan tidak meminimalkan jumlah barang dalam ruangan sesuai kebutuhan juga dapat membantu Anda untuk mendapatkan ruangan yang terkesan lebih luas.

  • Menyesuaikan profesi

    Berbeda profesi tentunya konsep ruang kerja yang dibutuhkan juga berbeda. Ciptakanlah ruang kerja sesuai dengan kebutuhan Anda. Pastikan segala hal yang berkaitan dengan pekerjaan Anda tersedia dalam ruang tersebut.

    Menata ruang kerja di rumah

    Ruangan Kerja yang Menyesuaikan dengan Profesi (Source: Pinterest.com)

    Contohnya jika Anda berprofesi sebagai fotografer, mungkin Anda akan membutuhkan sedikit ruang untuk menjadi studio mini. Seorang penulis mungkin membutuhkan ruang untuk perpustakaan kecil di ruang kerjanya.

  • Gunakan meja kerja yang efisien

    Menata ruang kerja di rumah

    Menata ruang kerja yang efisien (Source: Pinterest.com)

    Hindari menaruh barang tidak penting dalam ruang kerja, terutama di atas meja kerja. Pastikan ruang kerja Anda berisikan barang-barang yang memang dibutuhkan. Sedikit hiasan untuk pemanis ruangan tidak menjadi masalah, namun jangan sampai aksesoris tambahan tersebut justru mengganggu fungsi ruangan, ya!

  • Pastikan pencahayaan cukup

    Menata ruang kerja yang nyaman

    Menata ruang kerja yang nyaman dengan pencayahaan yang cukup (Source: pinterest)

    Pencahayaan yang cukup tidak hanya penting untuk efisiensi kerja, tapi juga penting untuk kesehatan Anda. Sama seperti bekerja di kantor, Anda akan menghabiskan paling tidak 8 jam atau bahkan lebih di ruang kerja.

    Pencahayaan di ruang kerja juga dipercaya dapat berpengaruh pada produktivitas seseorang. Cahaya yang terlalu redup dapat membuat Anda mengantuk, sehingga tidak produktif. Cahaya yang terlalu terang juga tidak baik untuk kondisi mata Anda. Pastikan pencahayaan sesuai dengan kebutuhan dan menyeluruh ke seluruh ruangan.

  • Perhatikan sirkulasi udara

    Menata ruang kerja di rumah

    Menata ruang kerja di rumah dengan sirkulasi udara yang baik (Source: pinterest.com)

    Sirkulasi udara yang baik sangat penting untuk menciptakan ruang kerja yang nyaman. Anda dapat memasak penyejuk ruangan seperti AC atau kipas angin yang tentunya disesuaikan dengan kebutuhan ruangan. Penempatan beberapa tanaman juga dapat membantu membuat ruangan menjadi lebih sejuk dan nyaman.

  • Pilih warna Cat yang Tepat

    Menata ruang kerja yang nyaman

    Menata ruang kerja yang nyaman dengan cat tembok Sanlex 6000 (Source: pinterest.com)

    Warna cat tembok bisa memperngaruhi mood bekerja. Untuk menciptakan suasana relaks dan melepaskan stress pekerjaan Anda dapat memilih warna-warna pastel dari SANLEX 6000.

Cat Tembok Sanlex 6000

Tentang Warna

Artikel Lain

Color wheel atau roda warna adalah diagram warna yang menyediakan ilustrasi berguna tentang warna apa saja yang cocok dan warna apa yang tidak cocok untuk...

Videos

Video Lain
Watch the video

Inspirasi Interior

Artikel Lain

Membangun rumah bukanlah perkara yang mudah, karena harus diperhatikan mulai dari material rumah, bentuk rumah, dan dekorasi yang akan digunakan....

Tentang Cat

Artikel Lain