Kembalikan Kilap Furniture Besi Yang Berkarat

Kembalikan Kilap Furniture Besi Yang Berkarat

Mungkin Anda sering melihat besi berkarat? Atau bahkan barang-barang Anda atau furniture di rumah sering berkarat.

Besi berkarat terjadi karena adanya proses korosi. Penyebab yang paling umum yaitu paparan terhadap air dalam waktu yang lama. Semua benda yang dari besi akan berkarat atau terjadi korosi karena adanya kontak dengan udara dan air. Untuk mencegah karat yang terus bertambah maka sangat penting untuk melakukan pemeliharaan. Yuk, buat furniture besi Anda mengkilap kembali.

Kilapkan besi lama

Kilapkan besi dari karat

Dan berikut beberapa prinsip yang perlu Anda terapkan.

Baca Juga: Pengaruh Warna Cerah Pada Kamar Bayi

  • Rendam dengan cuka

    Kilapkan besi berkarat dengan cuka

    Tuangkan cuka untuk membersihkan besi yang berkarat

    Dengan cuka, Anda cukup merendam barang yang berkarat semalaman atau untuk lebih maksimal dapat juga direndam selama seharian, kemudian setelah direndam lalu dikikis. Anda dapat menggunakan cuka sari apel ataupun cuka putih.

  • Gunakan Fosfat dan Asam Klorida

    Fosfat dan asam klorida untuk besi berkarat

    Gunakan fosfat dan asam klorida untuk membersihkan

    Rendam barang berbahan besi yang berkarat dalam asam fosfat ataupun asam klorida dan biarkan semalaman. Kemudian biarkan kering. Kikis bersih besi fosfat setelah permukaan kering. Asam fosfat dapat diperoleh dari minuman kola, rumput laut, dan molase. Sedangkan asam klorida biasanya kebanyakan pada pembersih kakus toilet.

  • Gunakan Jeruk Nipis atau Lemon dan Garam

    Kilapkan besi berkarat

    Gunakan jeruk nipis dan garam untuk membersihkan karat besi

    Lemon atau jeruk nipis bekerja sangat baik untuk menghilangkan noda pada pakaian, tetapi juga cukup efektif untuk menghilangkan karat pada logam ataupun besi jika direndam dengan waktu yang lama. Taburkan garam di atas bagian yang berkarat, rendam dengan lemon atau jeruk nipis, dan kemudian kikis dengan alumunium foil.

  • Gunakan Kentang

    Bersihkan karat besi

    Gunakan kentang untuk membersihkan karat besi

    Ternyata kentang tidak hanya enak untuk dimakan, tetapi kentang juga dapat digunakan untuk menghilangkat karat. Anda cukup potong kentang menjadi beberapa potongan atau Anda dapat memblendernya hingga memperoleh sari yang terkandung di dalam kentang. Setelah itu Anda dapat mencampur kentang dengan sabun pencuci piring. Aduk hingga merata agar bahan bisa tercampur dengan sempurna. Lalu, Anda bisa mengoleskan pada peralatan yang berkarat. Diamkan beberapa saat dan gosokkan dengan spon berbahan aluminium foil.

  • Membuat Pasta dengan Soda Kue

    Bersihkan karat besi

    Gunakan pasta dan baking soda untuk membersihkan karat besi

    Campur soda kue dengan sedikit air. Setelah menjadi pasta, oleskan barang yang berkarat dan gosok dengan sikat gigi. Lakukan hingga berulang kali untuk hasil yang maksimal.

  • Lapisi Kembali dengan Cat Anti Karat

    Brillo cat anti karat besi

    Gunakan Cat Kayu dan Besi BRILLO untuk cat akhir agar besi terlihat mengkilap dan tahan karat

    Anda dapat mengoleskan Cat Besi dan Kayu BRILLO yang dapat digunakan untuk interior ataupun eksterior. Bersihkan permukaan besi dengan amplas dan lapisi dengan Zyncromate Brillo yang berfungsi sebagai cat dasar dengan pigmen anti karat. Cat Kayu & Besi Brillo menghasilkan lapisan gloss dan tahan UV. Furniture Anda langsung mengkilap dan kembali baru.

Cat Tembok Sanlex 6000

Tentang Warna

Artikel Lain

Color wheel atau roda warna adalah diagram warna yang menyediakan ilustrasi berguna tentang warna apa saja yang cocok dan warna apa yang tidak cocok untuk...

Videos

Video Lain
Watch the video

Inspirasi Interior

Artikel Lain

Membangun rumah bukanlah perkara yang mudah, karena harus diperhatikan mulai dari material rumah, bentuk rumah, dan dekorasi yang akan digunakan....

Tentang Cat

Artikel Lain